2 mins read

Panduan Lengkap Kode Pos Garut Tarogong Kaler


Panduan Lengkap Kode Pos Garut Tarogong Kaler

Kode pos Garut Tarogong Kaler adalah kode pos untuk wilayah Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Kode pos ini meliputi wilayah seluas sekitar 10,4 km dengan jumlah penduduk sekitar 60.000 jiwa.

Secara geografis, Kecamatan Tarogong Kaler terletak di bagian utara Kabupaten Garut. Kecamatan ini berbatasan dengan Kecamatan Garut Kota di sebelah selatan, Kecamatan Banyuresmi di sebelah barat, Kecamatan Tarogong Kidul di sebelah timur, dan Kecamatan Pasirwangi di sebelah utara.

Wilayah Kecamatan Tarogong Kaler didominasi oleh perbukitan dan pegunungan. Ketinggian wilayah ini berkisar antara 200 hingga 700 meter di atas permukaan laut. Beberapa gunung yang terdapat di wilayah ini antara lain Gunung Karacak, Gunung Guntur, dan Gunung Mandalawangi.

Iklim di Kecamatan Tarogong Kaler cukup sejuk dengan suhu udara rata-rata sekitar 22 derajat Celcius. Curah hujan di wilayah ini cukup tinggi, dengan rata-rata curah hujan sekitar 2.500 mm per tahun.

Penduduk Kecamatan Tarogong Kaler sebagian besar bekerja di sektor pertanian dan perdagangan. Hasil pertanian utama di wilayah ini antara lain padi, jagung, ubi kayu, dan sayuran. Sedangkan hasil perdagangan utama antara lain beras, jagung, ubi kayu, dan sayuran.

Di Kecamatan Tarogong Kaler terdapat beberapa objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, antara lain Curug Orok, Situ Bagendit, dan Kawah Kamojang. Curug Orok merupakan air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Situ Bagendit merupakan danau yang luasnya sekitar 10 hektar. Sedangkan Kawah Kamojang merupakan kawah aktif yang mengeluarkan gas belerang.

Kecamatan Tarogong Kaler juga memiliki beberapa fasilitas umum yang cukup lengkap, antara lain puskesmas, rumah sakit, sekolah, dan pasar. Di wilayah ini juga terdapat beberapa kantor pemerintahan, antara lain kantor kecamatan, kantor desa, dan kantor polisi.

Wilayah sekitar Kecamatan Tarogong Kaler juga cukup menarik untuk dikunjungi. Di sebelah selatan Kecamatan Tarogong Kaler terdapat Kecamatan Garut Kota yang merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Garut. Di sebelah barat Kecamatan Tarogong Kaler terdapat Kecamatan Banyuresmi yang terkenal dengan wisata alamnya. Di sebelah timur Kecamatan Tarogong Kaler terdapat Kecamatan Tarogong Kidul yang terkenal dengan wisata kulinernya. Sedangkan di sebelah utara Kecamatan Tarogong Kaler terdapat Kecamatan Pasirwangi yang terkenal dengan wisata sejarahnya.

Demikian penjelasan tentang kode pos Garut Tarogong Kaler. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *