2 mins read

Panduan Lengkap: Kode Pos Sanggau Ledo dan Informasi Penting Lainnya


Panduan Lengkap: Kode Pos Sanggau Ledo dan Informasi Penting Lainnya

Kode Pos Sanggau Ledo 78552 terletak di Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Kecamatan Sanggau Ledo memiliki luas wilayah sekitar 713,94 km dan berpenduduk sekitar 10.000 jiwa. Kecamatan ini terdiri dari 11 desa, yaitu:

1. Sanggau Ledo2. Engkadu3. Engkadu Barat4. Gua5. Gua Timur6. Gua Barat7. Lembang8. Lembang Bandung9. Sekaruh10. Sekaruh Utara11. Tanjung

Kecamatan Sanggau Ledo berbatasan dengan Kecamatan Bengkayang di sebelah utara, Kecamatan Monterado di sebelah timur, Kecamatan Seluas di sebelah selatan, dan Kecamatan Jagoi Babang di sebelah barat. Kecamatan ini dilintasi oleh beberapa sungai, di antaranya Sungai Sanggau Ledo, Sungai Engkadu, dan Sungai Gua.

Sebagian besar wilayah Kecamatan Sanggau Ledo merupakan perbukitan dan hutan. Namun, terdapat juga beberapa dataran rendah yang dimanfaatkan untuk pertanian dan perkebunan. Hasil pertanian utama di kecamatan ini adalah padi, jagung, ubi kayu, dan sayur-sayuran. Sedangkan hasil perkebunan utama adalah kelapa sawit, karet, dan kakao.

Selain pertanian dan perkebunan, masyarakat Kecamatan Sanggau Ledo juga mata pencaharian lainnya, seperti beternak, menangkap ikan, dan berdagang. Kecamatan ini memiliki beberapa pasar tradisional, di antaranya Pasar Sanggau Ledo dan Pasar Engkadu.

Kecamatan Sanggau Ledo memiliki beberapa objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi, di antaranya Air Terjun Sanggau Ledo, Air Terjun Engkadu, dan Air Terjun Gua. Kecamatan ini juga memiliki beberapa situs sejarah, di antaranya Benteng Sanggau Ledo dan Makam Raja Sanggau Ledo.

Kecamatan Sanggau Ledo merupakan salah satu kecamatan yang tertinggal di Kabupaten Bengkayang. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya kurangnya infrastruktur, kurangnya akses pendidikan dan kesehatan, dan kurangnya lapangan pekerjaan.

Pemerintah Kabupaten Bengkayang telah berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kecamatan Sanggau Ledo. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan membangun jalan dan jembatan yang menghubungkan kecamatan ini dengan kecamatan lain.

Pemerintah Kabupaten Bengkayang juga telah berupaya untuk meningkatkan akses pendidikan dan kesehatan di Kecamatan Sanggau Ledo. Hal ini dilakukan dengan membangun sekolah dan puskesmas di kecamatan ini.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Bengkayang juga telah berupaya untuk menciptakan lapangan pekerjaan di Kecamatan Sanggau Ledo. Hal ini dilakukan dengan memberikan bantuan modal kepada pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di kecamatan ini.

Dengan berbagai upaya yang dilakukan, diharapkan Kecamatan Sanggau Ledo dapat keluar dari ketertinggalan dan menjadi kecamatan yang maju dan sejahtera.

Wilayah terdekat dengan kode pos 78552 meliputi:

  • Kecamatan Bengkayang
  • Kecamatan Monterado
  • Kecamatan Seluas
  • Kecamatan Jagoi Babang
  • Kecamatan Lumar
  • Kecamatan Siding
  • Kecamatan Tujuh Belas
  • Kecamatan Capkala
  • Kecamatan Sungai Raya
  • Kecamatan Kubu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *