3 mins read

Kode Pos Kecamatan Buleleng: Panduan Lengkap dan Akurat!


Kode Pos Kecamatan Buleleng: Panduan Lengkap dan Akurat!

Kecamatan Buleleng terletak di Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali, Indonesia. Kecamatan ini memiliki luas wilayah sebesar 30,80 km dan berpenduduk sebanyak 62.000 jiwa (2020). Kode pos untuk Kecamatan Buleleng adalah 81191.

Kecamatan Buleleng merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Buleleng. Di kecamatan ini terdapat kantor Bupati Buleleng, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buleleng, dan sejumlah instansi pemerintah lainnya. Kecamatan Buleleng juga merupakan pusat perekonomian Kabupaten Buleleng. Di kecamatan ini terdapat pasar tradisional, pertokoan, dan pusat perbelanjaan.

Kecamatan Buleleng memiliki beberapa objek wisata menarik, di antaranya adalah Pantai Lovina, Air Terjun Gitgit, dan Danau Beratan. Pantai Lovina merupakan salah satu objek wisata bahari terpopuler di Bali. Di pantai ini, wisatawan dapat melihat atraksi lumba-lumba liar. Air Terjun Gitgit terletak di Desa Gitgit, Kecamatan Buleleng. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan dikelilingi oleh hutan hujan tropis. Danau Beratan terletak di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti. Danau ini merupakan danau terbesar di Bali dan menjadi salah satu objek wisata favorit wisatawan.

Kecamatan Buleleng juga memiliki beberapa desa adat yang masih mempertahankan tradisi dan budaya Bali. Desa-desa adat tersebut di antaranya adalah Desa Adat Pengotan, Desa Adat Jagaraga, dan Desa Adat Seririt. Di desa-desa adat ini, wisatawan dapat melihat berbagai kesenian tradisional Bali, seperti tari kecak, tari baris, dan tari joged bumbung.

Kecamatan Buleleng berbatasan dengan Kecamatan Sawan di sebelah utara, Kecamatan Banjar di sebelah timur, Kecamatan Sukasada di sebelah selatan, dan Kecamatan Gerokgak di sebelah barat. Kecamatan Buleleng memiliki beberapa kecamatan terdekat, di antaranya adalah Kecamatan Sawan, Kecamatan Banjar, Kecamatan Sukasada, Kecamatan Gerokgak, dan Kecamatan Tejakula.

Kecamatan Sawan terletak di sebelah utara Kecamatan Buleleng. Kecamatan ini memiliki luas wilayah sebesar 34,50 km dan berpenduduk sebanyak 55.000 jiwa (2020). Kode pos untuk Kecamatan Sawan adalah 81151.

Kecamatan Banjar terletak di sebelah timur Kecamatan Buleleng. Kecamatan ini memiliki luas wilayah sebesar 36,00 km dan berpenduduk sebanyak 60.000 jiwa (2020). Kode pos untuk Kecamatan Banjar adalah 81152.

Kecamatan Sukasada terletak di sebelah selatan Kecamatan Buleleng. Kecamatan ini memiliki luas wilayah sebesar 28,00 km dan berpenduduk sebanyak 50.000 jiwa (2020). Kode pos untuk Kecamatan Sukasada adalah 81161.

Kecamatan Gerokgak terletak di sebelah barat Kecamatan Buleleng. Kecamatan ini memiliki luas wilayah sebesar 40,00 km dan berpenduduk sebanyak 58.000 jiwa (2020). Kode pos untuk Kecamatan Gerokgak adalah 81171.

Kecamatan Tejakula terletak di sebelah timur laut Kecamatan Buleleng. Kecamatan ini memiliki luas wilayah sebesar 24,50 km dan berpenduduk sebanyak 45.000 jiwa (2020). Kode pos untuk Kecamatan Tejakula adalah 81162.

Kecamatan Buleleng merupakan salah satu kecamatan terpadat di Kabupaten Buleleng. Kecamatan ini memiliki potensi besar dalam bidang pariwisata, pertanian, dan perdagangan. Kecamatan Buleleng juga merupakan salah satu kecamatan yang paling maju di Kabupaten Buleleng.

Kecamatan Buleleng memiliki beberapa keunggulan, di antaranya adalah:

  • Letaknya yang strategis, berada di jalur utama Denpasar-Singaraja.
  • Memiliki objek wisata yang menarik, seperti Pantai Lovina, Air Terjun Gitgit, dan Danau Beratan.
  • Masyarakatnya yang ramah dan terbuka.
  • Akses transportasi yang mudah, baik melalui darat, laut, maupun udara.

Kecamatan Buleleng merupakan kecamatan yang sangat potensial untuk dikembangkan. Kecamatan ini memiliki peluang besar untuk menjadi salah satu tujuan wisata utama di Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *