2 mins read

Panduan Lengkap: Kode Pos Jatisrono dan Seluk-Beluknya


Panduan Lengkap: Kode Pos Jatisrono dan Seluk-Beluknya

Kode pos Jatisrono adalah 63261. Kode pos ini berada di wilayah Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Kecamatan Jatisrono terletak di bagian selatan Kabupaten Wonogiri, berbatasan dengan Kabupaten Pacitan di sebelah barat, Kabupaten Gunungkidul di sebelah selatan, dan Kabupaten Sukoharjo di sebelah timur.

Kecamatan Jatisrono memiliki luas wilayah sebesar 112,48 km2. Wilayahnya sebagian besar berupa perbukitan dengan ketinggian rata-rata 200-300 meter di atas permukaan laut. Ibu kota Kecamatan Jatisrono berada di Desa Jatisrono.

Kecamatan Jatisrono terdiri dari 15 desa, yaitu:

  1. Beringin
  2. Giriwarno
  3. Jatisrono
  4. Jendi
  5. Karanglor
  6. Karangturi
  7. Klego
  8. Mlopo
  9. Ngadirejo
  10. Ngadirojo Kidul
  11. Ngadirojo Lor
  12. Nguneng
  13. Pule
  14. Sambirejo
  15. Sembung

Penduduk Kecamatan Jatisrono sebagian besar bekerja di sektor pertanian. Hasil pertanian utama di wilayah ini adalah padi, jagung, kedelai, dan kacang tanah. Selain itu, ada juga beberapa penduduk yang bekerja di sektor peternakan, perikanan, dan perdagangan.

Kecamatan Jatisrono memiliki beberapa objek wisata menarik, antara lain:

  • Air Terjun Dholo
  • Goa Jepang
  • Gua Pindul
  • Pantai Cacaban
  • Pantai Nampu

Kecamatan Jatisrono juga terkenal dengan kesenian daerahnya, yaitu tari gambyong. Tari gambyong merupakan tari tradisional Jawa Tengah yang gerakannya lemah gemulai. Tari ini biasanya dibawakan oleh penari wanita dengan mengenakan pakaian tradisional Jawa Tengah.

Selain Kecamatan Jatisrono, kode pos 63261 juga meliputi wilayah Kecamatan Girimarto. Kecamatan Girimarto terletak di sebelah utara Kecamatan Jatisrono. Kecamatan Girimarto memiliki luas wilayah sebesar 48,25 km2. Wilayahnya sebagian besar berupa perbukitan dengan ketinggian rata-rata 100-200 meter di atas permukaan laut. Ibu kota Kecamatan Girimarto berada di Desa Girimarto.

Kecamatan Girimarto terdiri dari 7 desa, yaitu:

  1. Batuwarno
  2. Boto
  3. Girimarto
  4. Jatirejo
  5. Karangtengah
  6. Pengkol
  7. Slogoretno

Penduduk Kecamatan Girimarto sebagian besar bekerja di sektor pertanian. Hasil pertanian utama di wilayah ini adalah padi, jagung, kedelai, dan kacang tanah. Selain itu, ada juga beberapa penduduk yang bekerja di sektor peternakan, perikanan, dan perdagangan.

Kecamatan Girimarto memiliki beberapa objek wisata menarik, antara lain:

  • Air Terjun Sri Gethuk
  • Curug Gedangan
  • Gua Maria Giriwarno
  • Pantai Nampu
  • Waduk Gajah Mungkur

Kecamatan Girimarto juga terkenal dengan kesenian daerahnya, yaitu tari sintren. Tari sintren merupakan tari tradisional Jawa Tengah yang gerakannya energik dan dinamis. Tari ini biasanya dibawakan oleh penari wanita dengan mengenakan pakaian tradisional Jawa Tengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *