3 mins read

Panduan Lengkap: Mengenal Kode Pos Jabon dan Sekitarnya


Panduan Lengkap: Mengenal Kode Pos Jabon dan Sekitarnya

Kode pos Jabon, 60252, berada di Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur. Kecamatan Jabon terletak di sebelah utara Kota Sidoarjo dan berbatasan dengan Kabupaten Gresik.

Kecamatan Jabon memiliki luas wilayah sekitar 34,52 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 100.000 jiwa. Kecamatan ini terdiri dari 12 desa, yaitu Desa Jabon, Desa Mojokerto, Desa Kedungcangkring, Desa Kedungdowo, Desa Karangtanjung, Desa Dukuhwaru, Desa Jemundo, Desa Siwalanpanji, Desa Bringinbendo, Desa Gedangrowo, Desa Gemurung, dan Desa Kebonagung.

Kecamatan Jabon merupakan daerah yang strategis karena dilalui oleh jalan nasional Surabaya-Gresik. Hal ini membuat Kecamatan Jabon menjadi jalur lalu lintas yang ramai dan menjadi pusat kegiatan ekonomi di Kabupaten Sidoarjo.

Selain itu, Kecamatan Jabon juga memiliki potensi wisata yang cukup besar. Salah satu objek wisata yang terkenal di Kecamatan Jabon adalah Pantai Jabon. Pantai ini memiliki keindahan alam yang masih alami dengan pasir putih dan air laut yang jernih.

Selain Pantai Jabon, Kecamatan Jabon juga memiliki beberapa objek wisata lainnya, seperti Candi Pari, Makam Mbah Soleh, dan Museum Mpu Tantular. Candi Pari merupakan candi Hindu-Buddha yang diperkirakan dibangun pada abad ke-13. Makam Mbah Soleh merupakan makam seorang ulama besar yang dihormati oleh masyarakat setempat. Sedangkan Museum Mpu Tantular merupakan museum yang menyimpan koleksi benda-benda bersejarah dari zaman Kerajaan Majapahit.

Kecamatan Jabon juga memiliki beberapa industri kecil dan menengah (IKM) yang bergerak di bidang makanan, minuman, dan kerajinan tangan. Beberapa IKM yang terkenal di Kecamatan Jabon antara lain adalah kerajinan tangan dari bambu, makanan olahan dari ikan, dan minuman tradisional seperti legen dan arak.

Daerah terdekat dengan kode pos Jabon, 60252, meliputi Kecamatan Krian, Kecamatan Balongbendo, Kecamatan Wonoayu, Kecamatan Sukodono, dan Kecamatan Sidoarjo.

Kecamatan Krian terletak di sebelah barat Kecamatan Jabon dan berbatasan dengan Kabupaten Gresik. Kecamatan Balongbendo terletak di sebelah selatan Kecamatan Jabon dan berbatasan dengan Kecamatan Wonoayu. Kecamatan Wonoayu terletak di sebelah timur Kecamatan Jabon dan berbatasan dengan Kecamatan Sukodono. Kecamatan Sukodono terletak di sebelah utara Kecamatan Jabon dan berbatasan dengan Kota Sidoarjo. Kecamatan Sidoarjo merupakan ibu kota Kabupaten Sidoarjo dan terletak di sebelah timurlaut Kecamatan Jabon.

Wilayah sekitar Kecamatan Jabon juga memiliki beberapa objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, seperti Taman Safari Indonesia II, Pemandian Air Panas Cangar, dan Gunung Penanggungan.

Taman Safari Indonesia II terletak di Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, yang berjarak sekitar 25 kilometer dari Kecamatan Jabon. Taman safari ini merupakan tempat konservasi satwa yang memiliki koleksi berbagai macam satwa, seperti singa, harimau, gajah, dan jerapah.

Pemandian Air Panas Cangar terletak di Kecamatan Cangar, Kabupaten Malang, yang berjarak sekitar 50 kilometer dari Kecamatan Jabon. Pemandian air panas ini memiliki air yang mengandung belerang yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Gunung Penanggungan terletak di Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, yang berjarak sekitar 60 kilometer dari Kecamatan Jabon. Gunung ini merupakan gunung berapi yang tidak aktif dan memiliki ketinggian sekitar 1.653 meter di atas permukaan laut. Gunung Penanggungan merupakan salah satu gunung yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *