2 mins read

Panduan Lengkap Kode Pos Jatinangor: Temukan Alamat dengan Mudah dan Cepat


Panduan Lengkap Kode Pos Jatinangor: Temukan Alamat dengan Mudah dan Cepat

Kode pos Jatinangor adalah 45363. Jatinangor merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Indonesia. Kecamatan Jatinangor memiliki luas wilayah sebesar 23,52 kilometer persegi dan jumlah penduduk sekitar 100.000 jiwa.

Jatinangor terletak di bagian utara Kabupaten Sumedang, berbatasan dengan Kabupaten Bandung di sebelah utara, Kabupaten Garut di sebelah timur, Kabupaten Tasikmalaya di sebelah selatan, dan Kabupaten Ciamis di sebelah barat. Kecamatan Jatinangor terdiri dari 10 desa, yaitu:

  1. Cangkuang
  2. Cileles
  3. Cipacing
  4. Hegarmanah
  5. Jatinangor
  6. Linggajaya
  7. Mekarwangi
  8. Sayang
  9. Sindangsari
  10. Sirnasari

Pusat pemerintahan Kecamatan Jatinangor berada di Desa Jatinangor. Jatinangor dikenal sebagai kawasan pendidikan, karena di wilayah ini terdapat beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta, seperti Universitas Padjadjaran (Unpad), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Winaya Mukti (Unwim). Selain itu, di Jatinangor juga terdapat beberapa sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah pertama (SMP) negeri dan swasta.

Jatinangor juga dikenal sebagai kawasan wisata. Di wilayah ini terdapat beberapa objek wisata, seperti Situ Cileunca, Curug Cinulang, dan Gunung Manglayang. Situ Cileunca merupakan sebuah danau yang terletak di Desa Cangkuang. Danau ini memiliki luas sekitar 10 hektar dan merupakan habitat bagi berbagai jenis ikan, seperti ikan mas, ikan nila, dan ikan mujair. Curug Cinulang merupakan sebuah air terjun yang terletak di Desa Cipacing. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan dikelilingi oleh hutan yang rindang. Gunung Manglayang merupakan sebuah gunung yang terletak di Desa Hegarmanah. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.700 meter di atas permukaan laut dan merupakan salah satu gunung tertinggi di Kabupaten Sumedang.

Jatinangor juga merupakan kawasan ekonomi yang cukup maju. Di wilayah ini terdapat beberapa kawasan industri, seperti Kawasan Industri Jatinangor dan Kawasan Industri Jatinangor Baru. Selain itu, di Jatinangor juga terdapat beberapa pusat perbelanjaan, seperti Jatinangor Town Square (Jatos) dan Trans Studio Mall Jatinangor. Jatinangor juga merupakan kawasan kuliner yang cukup terkenal. Di wilayah ini terdapat berbagai macam rumah makan dan kafe yang menyajikan berbagai macam makanan dan minuman, mulai dari makanan khas Sunda hingga makanan internasional.

Jatinangor merupakan sebuah kecamatan yang memiliki potensi besar dalam berbagai bidang. Kawasan ini memiliki sumber daya alam yang melimpah, seperti air, tanah, dan hutan. Selain itu, Jatinangor juga memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, karena di wilayah ini terdapat beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta. Dengan potensi yang dimilikinya, Jatinangor dapat berkembang menjadi sebuah kawasan yang maju dan sejahtera.

Beberapa wilayah terdekat dengan kode pos Jatinangor antara lain:

  • Kecamatan Cimanggung
  • Kecamatan Tanjungsari
  • Kecamatan Pamulihan
  • Kecamatan Sukasari
  • Kecamatan Rancakalong

Demikianlah artikel penjelasan tentang kode pos Jatinangor. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *