2 mins read

Temukan Kode Pos Riau dengan Mudah dan Cepat


Temukan Kode Pos Riau dengan Mudah dan Cepat

Provinsi Riau terletak di bagian tengah Pulau Sumatera, Indonesia. Riau memiliki luas wilayah sekitar 87.027 kilometer persegi dan berpenduduk sekitar 6,3 juta jiwa. Riau berbatasan dengan Provinsi Sumatera Utara di sebelah utara, Provinsi Jambi di sebelah selatan, Provinsi Kepulauan Riau di sebelah timur, dan Provinsi Sumatera Barat di sebelah barat.

Kode pos Riau terdiri dari empat digit, dengan digit pertama menunjukkan provinsi, digit kedua menunjukkan kabupaten atau kota, dan digit ketiga dan keempat menunjukkan kecamatan. Berikut ini adalah daftar lengkap kode pos Riau:

  • 281 – Kota Pekanbaru
  • 282 – Kabupaten Kampar
  • 283 – Kabupaten Rokan Hulu
  • 284 – Kabupaten Rokan Hilir
  • 285 – Kabupaten Bengkalis
  • 286 – Kabupaten Indragiri Hulu
  • 287 – Kabupaten Indragiri Hilir
  • 288 – Kabupaten Kuantan Singingi
  • 289 – Kabupaten Pelalawan

Berikut ini adalah penjelasan lebih rinci tentang letak dan daerah kode pos Riau:

**Kota Pekanbaru**

Kota Pekanbaru adalah ibu kota Provinsi Riau. Kota ini terletak di bagian tengah provinsi dan memiliki luas wilayah sekitar 632 kilometer persegi. Pekanbaru berpenduduk sekitar 1,2 juta jiwa dan merupakan kota terbesar di Riau. Kode pos Kota Pekanbaru adalah 281.

**Kabupaten Kampar**

Kabupaten Kampar terletak di bagian utara Provinsi Riau. Kabupaten ini memiliki luas wilayah sekitar 11.280 kilometer persegi dan berpenduduk sekitar 800 ribu jiwa. Ibu kota Kabupaten Kampar adalah Bangkinang. Kode pos Kabupaten Kampar adalah 282.

**Kabupaten Rokan Hulu**

Kabupaten Rokan Hulu terletak di bagian barat Provinsi Riau. Kabupaten ini memiliki luas wilayah sekitar 12.340 kilometer persegi dan berpenduduk sekitar 500 ribu jiwa. Ibu kota Kabupaten Rokan Hulu adalah Pasir Pengaraian. Kode pos Kabupaten Rokan Hulu adalah 283.

**Kabupaten Rokan Hilir**

Kabupaten Rokan Hilir terletak di bagian timur Provinsi Riau. Kabupaten ini memiliki luas wilayah sekitar 9.340 kilometer persegi dan berpenduduk sekitar 600 ribu jiwa. Ibu kota Kabupaten Rokan Hilir adalah Bagansiapiapi. Kode pos Kabupaten Rokan Hilir adalah 284.

**Kabupaten Bengkalis**

Kabupaten Bengkalis terletak di bagian timur Provinsi Riau. Kabupaten ini memiliki luas wilayah sekitar 11.640 kilometer persegi dan berpenduduk sekitar 900 ribu jiwa. Ibu kota Kabupaten Bengkalis adalah Bengkalis. Kode pos Kabupaten Bengkalis adalah 285.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *