2 mins read

Panduan Lengkap Kode Pos Puger Jember


Panduan Lengkap Kode Pos Puger Jember

Kode pos Puger, Jember adalah 68161. Wilayah ini terletak di Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kecamatan Puger berbatasan dengan Kecamatan Kencong di sebelah utara, Kecamatan Gumukmas di sebelah timur, Kecamatan Jenggawah di sebelah selatan, dan Kecamatan Ambulu di sebelah barat.

Kecamatan Puger memiliki luas wilayah sekitar 82,47 km persegi. Wilayah ini terbagi menjadi 10 desa, yaitu Desa Puger Kulon, Desa Puger Wetan, Desa Krajan, Desa Mojosari, Desa Wonojati, Desa Kasiyan, Desa Sumberejo, Desa Tegalrejo, Desa Genteng Kulon, dan Desa Genteng Wetan.

Mayoritas penduduk Kecamatan Puger bekerja sebagai petani dan nelayan. Hasil pertanian utama di wilayah ini adalah padi, jagung, dan ubi kayu. Sedangkan hasil tangkapan ikan utama adalah ikan tuna, cakalang, dan tongkol.

Kecamatan Puger memiliki beberapa objek wisata yang menarik, di antaranya adalah Pantai Puger, Pantai Watu Ulo, dan Air Terjun Tancak Kembar. Pantai Puger merupakan salah satu pantai terindah di Kabupaten Jember. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Pantai Watu Ulo terkenal dengan bebatuannya yang unik. Air Terjun Tancak Kembar merupakan air terjun yang terletak di Desa Tancak Kembar. Air terjun ini memiliki dua aliran air yang jatuh dari ketinggian sekitar 20 meter.

Kecamatan Puger juga memiliki beberapa kesenian tradisional, di antaranya adalah tari gandrung, tari jaran kepang, dan musik angklung. Tari gandrung merupakan tarian yang dibawakan oleh seorang penari wanita. Tari jaran kepang merupakan tarian yang dibawakan oleh sekelompok penari laki-laki yang menunggangi kuda-kudaan dari anyaman bambu. Musik angklung merupakan musik yang dimainkan dengan menggunakan alat musik angklung.

Kecamatan Puger memiliki beberapa kuliner khas, di antaranya adalah rujak soto, pecel gudeg, dan sate kambing. Rujak soto merupakan makanan yang terbuat dari lontong, tahu, tempe, kecambah, dan sayuran yang disiram dengan kuah soto. Pecel gudeg merupakan makanan yang terbuat dari nasi, gudeg, dan sambal pecel. Sate kambing merupakan makanan yang terbuat dari daging kambing yang dibakar dan disajikan dengan saus kacang.

Wilayah terdekat dengan kode pos Puger, Jember adalah Kecamatan Kencong, Kecamatan Gumukmas, Kecamatan Jenggawah, dan Kecamatan Ambulu. Kecamatan Kencong terletak di sebelah utara Kecamatan Puger. Kecamatan Gumukmas terletak di sebelah timur Kecamatan Puger. Kecamatan Jenggawah terletak di sebelah selatan Kecamatan Puger. Kecamatan Ambulu terletak di sebelah barat Kecamatan Puger.

Kecamatan Puger, Jember merupakan wilayah yang memiliki potensi wisata, pertanian, dan perikanan yang besar. Wilayah ini juga memiliki kesenian tradisional dan kuliner khas yang menarik. Kecamatan Puger merupakan salah satu kecamatan yang penting di Kabupaten Jember.

Jika Anda berkunjung ke Kabupaten Jember, jangan lupa untuk mengunjungi Kecamatan Puger. Anda dapat menikmati keindahan pantai, air terjun, dan kesenian tradisional di wilayah ini. Anda juga dapat mencicipi kuliner khas Kecamatan Puger yang lezat.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *