3 mins read

Pelajari Kode Pos Karimun dan Daerah-Daerah di Sekitarnya


Pelajari Kode Pos Karimun dan Daerah-Daerah di Sekitarnya

Karimun merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Kabupaten Karimun memiliki luas wilayah sebesar 9.104,20 km dan jumlah penduduk sebanyak 249.222 jiwa (2020). Ibu kota Kabupaten Karimun berada di Tanjung Balai Karimun.

Kabupaten Karimun memiliki kode pos 29151 hingga 29156. Kode pos ini digunakan untuk wilayah Kecamatan Karimun, Kecamatan Kundur, Kecamatan Kundur Utara, Kecamatan Kundur Barat, Kecamatan Kundur Selatan, dan Kecamatan Moro.

Kecamatan Karimun merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Karimun. Kecamatan ini memiliki luas wilayah sebesar 1.185,60 km dan jumlah penduduk sebanyak 100.807 jiwa (2020). Ibu kota Kecamatan Karimun berada di Tanjung Balai Karimun.

Kecamatan Kundur merupakan kecamatan terbesar di Kabupaten Karimun. Kecamatan ini memiliki luas wilayah sebesar 2.950,40 km dan jumlah penduduk sebanyak 75.128 jiwa (2020). Ibu kota Kecamatan Kundur berada di Kundur.

Kecamatan Kundur Utara merupakan kecamatan yang terletak di sebelah utara Kecamatan Kundur. Kecamatan ini memiliki luas wilayah sebesar 1.029,60 km dan jumlah penduduk sebanyak 29.189 jiwa (2020). Ibu kota Kecamatan Kundur Utara berada di Tanjungbatu Kundur.

Kecamatan Kundur Barat merupakan kecamatan yang terletak di sebelah barat Kecamatan Kundur. Kecamatan ini memiliki luas wilayah sebesar 923,60 km dan jumlah penduduk sebanyak 19.298 jiwa (2020). Ibu kota Kecamatan Kundur Barat berada di Teluk Radang.

Kecamatan Kundur Selatan merupakan kecamatan yang terletak di sebelah selatan Kecamatan Kundur. Kecamatan ini memiliki luas wilayah sebesar 1.015,00 km dan jumlah penduduk sebanyak 24.798 jiwa (2020). Ibu kota Kecamatan Kundur Selatan berada di Perigi.

Kecamatan Moro merupakan kecamatan yang terletak di sebelah timur Kecamatan Kundur. Kecamatan ini memiliki luas wilayah sebesar 999,90 km dan jumlah penduduk sebanyak 20.002 jiwa (2020). Ibu kota Kecamatan Moro berada di Moro.

Kabupaten Karimun memiliki keragaman budaya dan adat istiadat. Masyarakat Karimun terdiri dari berbagai suku bangsa, seperti Melayu, Tionghoa, Jawa, Bugis, dan Batak. Masing-masing suku bangsa memiliki budaya dan adat istiadat yang berbeda.

Kabupaten Karimun juga memiliki banyak objek wisata yang menarik, seperti Pantai Pelawan, Pantai Pasir Panjang, Pulau Jemur, Pulau Kundur, dan Pulau Moro. Objek-objek wisata ini menyuguhkan keindahan alam yang mempesona dan menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Kabupaten Karimun memiliki potensi ekonomi yang besar. Sektor ekonomi utama di Kabupaten Karimun adalah perikanan, pariwisata, dan perdagangan. Kabupaten Karimun juga memiliki sumber daya alam yang melimpah, seperti minyak bumi, gas alam, dan bauksit.

Kabupaten Karimun berbatasan dengan Kabupaten Bintan di sebelah utara, Kabupaten Natuna di sebelah timur, Kabupaten Kepulauan Anambas di sebelah selatan, dan Provinsi Kepulauan Riau di sebelah barat. Kabupaten Karimun dapat dijangkau melalui jalur laut dan udara.

Kabupaten Karimun memiliki beberapa wilayah terdekat, seperti Kabupaten Bintan, Kabupaten Natuna, Kabupaten Kepulauan Anambas, dan Provinsi Kepulauan Riau. Kabupaten-kabupaten tersebut dapat dijangkau melalui jalur laut dan udara.

Kabupaten Karimun merupakan daerah yang strategis dan memiliki potensi ekonomi yang besar. Kabupaten Karimun juga memiliki keragaman budaya dan adat istiadat serta banyak objek wisata yang menarik. Kabupaten Karimun dapat menjadi tujuan wisata dan investasi yang menarik.

Demikian penjelasan tentang kode pos Karimun dan daerah-daerah yang termasuk di dalamnya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *