1 min read

Cara Mudah Menemukan Kode Pos Wangon


Cara Mudah Menemukan Kode Pos Wangon

Kode pos Wangon adalah 53271. Wangon merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan Wangon terletak di bagian barat Kabupaten Banyumas, berbatasan dengan Kabupaten Cilacap di sebelah barat dan Kabupaten Purbalingga di sebelah utara. Luas wilayah Kecamatan Wangon adalah 88,74 km dengan jumlah penduduk sekitar 90.000 jiwa.

Kecamatan Wangon terdiri dari 16 desa, yaitu:

  1. Banjar
  2. Binangun
  3. Cipedes
  4. Ciputih
  5. Glempang
  6. Karangtengah
  7. Karangturi
  8. Kertayasa
  9. Klaces
  10. Pageraji
  11. Pageralang
  12. Pengadegan
  13. Pesantren
  14. Rogoselo
  15. Sidamulih
  16. Wangon

Pusat pemerintahan Kecamatan Wangon berada di Desa Wangon. Kecamatan Wangon memiliki beberapa fasilitas umum, seperti kantor kecamatan, kantor desa, sekolah, puskesmas, dan pasar. Kecamatan Wangon juga merupakan salah satu sentra produksi durian di Kabupaten Banyumas.

Wilayah Kecamatan Wangon memiliki topografi yang berbukit-bukit dengan ketinggian rata-rata 100-200 meter di atas permukaan laut. Sebagian besar wilayah Kecamatan Wangon digunakan untuk pertanian dan perkebunan. Hasil pertanian utama Kecamatan Wangon adalah padi, jagung, kacang tanah, dan kedelai. Sedangkan hasil perkebunan utama Kecamatan Wangon adalah karet, kopi, dan kakao.

Kecamatan Wangon memiliki beberapa objek wisata, seperti Curug Gintung, Curug Jedor, dan Goa Petruk. Kecamatan Wangon juga merupakan salah satu jalur menuju Kawasan Wisata Baturraden.

Kecamatan Wangon berbatasan dengan beberapa kecamatan, yaitu:

  • Kecamatan Banyumas di sebelah timur
  • Kecamatan Tambak di sebelah selatan
  • Kecamatan Jatilawang di sebelah barat
  • Kecamatan Kedungbanteng di sebelah utara

Kecamatan Wangon memiliki akses transportasi yang cukup baik. Kecamatan Wangon dilintasi oleh Jalan Nasional III yang menghubungkan Jakarta dengan Banyuwangi. Kecamatan Wangon juga memiliki stasiun kereta api, yaitu Stasiun Wangon. Stasiun Wangon melayani kereta api jarak jauh dan kereta api lokal.

Kecamatan Wangon merupakan salah satu kecamatan yang cukup maju di Kabupaten Banyumas. Kecamatan Wangon memiliki potensi ekonomi yang cukup besar, terutama di bidang pertanian, perkebunan, dan pariwisata. Kecamatan Wangon juga merupakan salah satu kecamatan yang menjadi tujuan urbanisasi dari wilayah sekitarnya.

Demikian penjelasan tentang kode pos Wangon 53271. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *