2 mins read

Panduan Lengkap: Kode Pos Kabupaten Kendal dan Kecamatan


Panduan Lengkap: Kode Pos Kabupaten Kendal dan Kecamatan

Kabupaten Kendal terletak di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah sebesar 1.118,09 km dan berpenduduk sebanyak 1.002.315 jiwa (2020). Ibu kota Kabupaten Kendal adalah Kota Kendal.

Kabupaten Kendal berbatasan dengan Kabupaten Batang di sebelah barat, Kabupaten Semarang di sebelah timur, Kabupaten Temanggung di sebelah selatan, dan Laut Jawa di sebelah utara. Kabupaten Kendal dibagi menjadi 20 kecamatan, 28 kelurahan, dan 266 desa.

Kode pos Kabupaten Kendal adalah 51311-51391. Kecamatan Kendal yang meliputi Kelurahan Balok, Bandengan, Banyumeneng, Bugangin, Candiroto, Jetis, Kebondalem, Langenharjo, Ngilir, Pakauman, Patukangan, Pegulon, Sijeruk, Sukodono, Trompo, dan Weleri memiliki kode pos 51311.

Kecamatan Boja yang meliputi Kelurahan Boja, Blorok, Campurejo, Cepokomulyo, Jatimulyo, Jatirejo, Karangmanggis, Kebonharjo, Ngabean, Pagertoyo, Pakis, Pucangrejo, Salamsari, Tampingan, dan Tirtomulyo memiliki kode pos 51351.

Kecamatan Brangsong yang meliputi Kelurahan Brangsong, Kaliwungu, Karangsari, dan Kliwonan memiliki kode pos 51371. Kecamatan Cepiring yang meliputi Kelurahan Cepiring, Damarsari, Gemuh, Juwiring, Margorejo, Podosari, Sidomukti, Sojomerto, dan Sukorejo memiliki kode pos 51361.

Kecamatan Gemuh yang meliputi Kelurahan Gemuhblanten, Gempolsewu, Jati, Jungsemi, Kartikajaya, Pucangrejo, Ringinarum, Rowosari, dan Tlahab memiliki kode pos 51381.

Kecamatan Kangkung yang meliputi Kelurahan Kangkung, Gebanganom, Jungsemi, Kartikajaya, Pucangrejo, Ringinarum, Rowosari, dan Tlahab memiliki kode pos 51382.

Kecamatan Kaliwungu yang meliputi Kelurahan Kaliwungu, Botomulyo, Cangkiran, Darupono, Karangtengah, Kedungsari, Kumpulrejo, Mororejo, Nolokerto, Protomulyo, Sumbersari, dan Wonorejo memiliki kode pos 51312.

Kecamatan Kendal yang meliputi Kelurahan Balok, Bandengan, Banyumeneng, Bugangin, Candiroto, Jetis, Kebondalem, Langenharjo, Ngilir, Pakauman, Patukangan, Pegulon, Sijeruk, Sukodono, Trompo, dan Weleri memiliki kode pos 51311.

Kecamatan Patebon yang meliputi Kelurahan Patebon, Bangsri, Bangunsari, Karangsari, Korowelang, Noyontaan, Padas, Pagersari, Pakisan, Pucang Rejo, Sidorejo, Sidomukti, Sojomerto, Sukorejo, Sumbersari, dan Wonosari memiliki kode pos 51352.

Kecamatan Pegandon yang meliputi Kelurahan Pegandon, Dawungsari, Kartikajaya, Margosari, Nawangsari, Plososari, Pucakwangi, Puguh, Selo, Sidomukti, Sumberagung, dan Tlogoadi memiliki kode pos 51391.

Kecamatan Plantungan yang meliputi Kelurahan Plantungan, Cening, Jatirejo, Johorejo, Kalibareng, Karangsari, Kedungasri, Ngawensari, Plososari, Sidomukti, dan Sumberagung memiliki kode pos 51372.

Kecamatan Ringinarum yang meliputi Kelurahan Ringinarum, Botomulyo, Cangkiran, Darupono, Karangtengah, Kedungsari, Kumpulrejo, Mororejo, Nolokerto, Protomulyo, Sumbersari, dan Wonorejo memiliki kode pos 51313.

Kecamatan Rowosari yang meliputi Kelurahan Rowosari, Bangunsari, Banyusari, Bulaksari, Gebangan, Gempolsewu, Jati, Jungsemi, Kartikajaya, Mangkang, Pucangrejo, Ringinarum, Rowosari, dan Tlahab memiliki kode pos 51383.

Wilayah Kabupaten Kendal dikenal dengan hasil pertaniannya, terutama padi dan jagung. Kabupaten Kendal juga memiliki beberapa objek wisata, seperti Pantai Cahaya, Pantai Kemangi, dan Air Terjun Curug Sewu.

Kabupaten Kendal merupakan daerah yang strategis karena dilalui oleh jalur Pantura (Pantai Utara Jawa). Kabupaten Kendal juga memiliki beberapa kawasan industri, seperti Kawasan Industri Kendal (KIK) dan Kawasan Industri Weleri (KIW). Selain itu, Kabupaten Kendal juga memiliki beberapa perguruan tinggi, seperti Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Negeri Semarang (Unnes), dan Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *