2 mins read

Panduan Lengkap Kode Pos Bangkinang, Riau


Panduan Lengkap Kode Pos Bangkinang, Riau

Kode pos Bangkinang adalah 28411. Bangkinang merupakan ibu kota Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Indonesia. Kota ini terletak di bagian tengah provinsi Riau, sekitar 60 kilometer sebelah timur Pekanbaru, ibu kota provinsi Riau.

Bangkinang memiliki luas wilayah sekitar 16,52 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 60.000 jiwa. Kota ini dibagi menjadi 4 kecamatan, yaitu Kecamatan Bangkinang, Kecamatan Bangkinang Barat, Kecamatan Bangkinang Seberang, dan Kecamatan Kampar Kiri.

Bangkinang memiliki iklim tropis dengan suhu rata-rata 27 derajat Celcius. Musim hujan terjadi pada bulan Oktober hingga April, sedangkan musim kemarau terjadi pada bulan Mei hingga September.

Perekonomian Bangkinang sebagian besar ditopang oleh sektor pertanian dan perdagangan. Hasil pertanian utama Bangkinang adalah padi, jagung, ubi kayu, dan sayur-sayuran. Sedangkan hasil perdagangan utama Bangkinang adalah hasil bumi dan hasil kerajinan tangan.

Bangkinang memiliki beberapa objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, di antaranya adalah Candi Muara Takus, Danau Bangkinang, dan Air Terjun Batu Tilam.

Candi Muara Takus merupakan candi Buddha yang diperkirakan dibangun pada abad ke-9 Masehi. Candi ini terletak sekitar 15 kilometer sebelah barat daya Bangkinang.

Danau Bangkinang merupakan danau terbesar di provinsi Riau. Danau ini terletak sekitar 10 kilometer sebelah timur Bangkinang. Danau Bangkinang merupakan tempat yang tepat untuk memancing, berperahu, dan berenang.

Air Terjun Batu Tilam terletak sekitar 20 kilometer sebelah selatan Bangkinang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan lebar sekitar 10 meter. Air Terjun Batu Tilam merupakan tempat yang tepat untuk berwisata alam dan menikmati keindahan alam.

Bangkinang juga memiliki beberapa kuliner khas yang wajib untuk dicoba, di antaranya adalah gulai ikan patin, gulai pucuk ubi, dan rendang kampar.

Gulai ikan patin merupakan makanan yang terbuat dari ikan patin yang dimasak dengan santan dan bumbu-bumbu rempah. Gulai pucuk ubi merupakan makanan yang terbuat dari pucuk ubi yang dimasak dengan santan dan bumbu-bumbu rempah.

Rendang kampar merupakan makanan yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan santan dan bumbu-bumbu rempah. Rendang kampar memiliki cita rasa yang pedas dan gurih.

Bangkinang merupakan kota yang memiliki banyak potensi wisata dan kuliner. Kota ini sangat cocok untuk dikunjungi sebagai tujuan wisata keluarga atau wisata bisnis.

Wilayah terdekat dengan kode pos Bangkinang adalah Kecamatan Bangkinang Barat, Kecamatan Bangkinang Seberang, Kecamatan Kampar Kiri, dan Kecamatan Salo.

Kecamatan Bangkinang Barat terletak di sebelah barat Kecamatan Bangkinang. Kecamatan ini memiliki luas wilayah sekitar 10,50 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 20.000 jiwa.

Kecamatan Bangkinang Seberang terletak di sebelah timur Kecamatan Bangkinang. Kecamatan ini memiliki luas wilayah sekitar 12,50 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 25.000 jiwa.

Kecamatan Kampar Kiri terletak di sebelah selatan Kecamatan Bangkinang. Kecamatan ini memiliki luas wilayah sekitar 15,50 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 30.000 jiwa.

Kecamatan Salo terletak di sebelah utara Kecamatan Bangkinang. Kecamatan ini memiliki luas wilayah sekitar 18,50 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 35.000 jiwa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *