2 mins read

Kode Pos Rancaekek Kencana


Kode Pos Rancaekek Kencana

Kode pos Rancaekek Kencana adalah sebuah kode pos yang terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Kode pos ini meliputi wilayah Kecamatan Rancaekek dan sekitarnya.

Kecamatan Rancaekek merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Bandung yang memiliki luas wilayah sekitar 26,73 km. Kecamatan ini berbatasan dengan Kecamatan Cileunyi di sebelah utara, Kecamatan Ciparay di sebelah timur, Kecamatan Paseh di sebelah selatan, dan Kecamatan Baleendah di sebelah barat.

Wilayah Kecamatan Rancaekek sebagian besar berupa dataran rendah dengan ketinggian rata-rata sekitar 600 meter di atas permukaan laut. Di wilayah ini terdapat beberapa sungai, di antaranya adalah Sungai Citarum, Sungai Cipanas, dan Sungai Cikapundung.

Penduduk Kecamatan Rancaekek sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani, pedagang, dan pegawai negeri sipil. Di wilayah ini terdapat beberapa pusat perbelanjaan, seperti Pasar Rancaekek, Pasar Cileunyi, dan Pasar Baleendah.

Kecamatan Rancaekek memiliki beberapa objek wisata, di antaranya adalah Situ Cisanti, Kawah Putih, dan Gunung Tangkuban Parahu. Situ Cisanti merupakan sebuah danau yang terletak di Desa Cisanti, Kecamatan Rancaekek. Danau ini memiliki air yang jernih dan dikelilingi oleh hutan pinus.

Kawah Putih merupakan sebuah kawah yang terletak di Desa Cisurupan, Kecamatan Rancaekek. Kawah ini memiliki air yang berwarna putih dan dikelilingi oleh tebing-tebing yang curam. Gunung Tangkuban Parahu merupakan sebuah gunung yang terletak di Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang. Gunung ini memiliki bentuk menyerupai perahu terbalik.

Kecamatan Rancaekek berbatasan dengan beberapa kecamatan lain, di antaranya adalah Kecamatan Cileunyi di sebelah utara, Kecamatan Ciparay di sebelah timur, Kecamatan Paseh di sebelah selatan, dan Kecamatan Baleendah di sebelah barat.

Kecamatan Rancaekek memiliki beberapa akses jalan utama, di antaranya adalah Jalan Raya Bandung-Garut, Jalan Raya Bandung-Cileunyi, dan Jalan Raya Bandung-Ciwidey. Jalan Raya Bandung-Garut merupakan jalan nasional yang menghubungkan Kota Bandung dengan Kabupaten Garut.

Jalan Raya Bandung-Cileunyi merupakan jalan provinsi yang menghubungkan Kota Bandung dengan Kecamatan Cileunyi. Jalan Raya Bandung-Ciwidey merupakan jalan kabupaten yang menghubungkan Kota Bandung dengan Kecamatan Ciwidey.

Kecamatan Rancaekek memiliki beberapa fasilitas umum, di antaranya adalah kantor kecamatan, kantor desa, sekolah, puskesmas, dan pasar. Kantor kecamatan terletak di Desa Rancaekek.

Kantor desa terletak di setiap desa di Kecamatan Rancaekek. Sekolah di Kecamatan Rancaekek terdiri dari sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas. Puskesmas di Kecamatan Rancaekek terletak di Desa Rancaekek.

Pasar di Kecamatan Rancaekek terdiri dari pasar tradisional dan pasar modern. Pasar tradisional terletak di Desa Rancaekek dan Desa Cileunyi. Pasar modern terletak di Desa Rancaekek.

Kecamatan Rancaekek merupakan wilayah yang strategis karena terletak di jalur transportasi utama antara Kota Bandung dan Kabupaten Garut. Wilayah ini juga memiliki beberapa objek wisata yang menarik, sehingga cocok untuk dikembangkan sebagai daerah tujuan wisata.

Demikian penjelasan tentang kode pos Rancaekek Kencana. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *