2 mins read

Panduan Lengkap: Kode Pos Pidie dan Segala Informasinya


Panduan Lengkap: Kode Pos Pidie dan Segala Informasinya

Kabupaten Pidie merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Aceh, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Sigli. Kabupaten Pidie memiliki luas wilayah sebesar 3.433,90 km dan jumlah penduduk sebanyak 421.415 jiwa (2020). Kabupaten Pidie dibagi menjadi 23 kecamatan dan 616 desa.

Kode pos Kabupaten Pidie adalah 24111-24125. Kecamatan dengan kode pos terendah adalah Kecamatan Tangse, yaitu 24111. Sedangkan kecamatan dengan kode pos tertinggi adalah Kecamatan Kembang Tanjong, yaitu 24125.

Kabupaten Pidie terletak di bagian utara Provinsi Aceh. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Bireuen di sebelah timur, Kabupaten Aceh Besar di sebelah barat, Kabupaten Aceh Jaya di sebelah selatan, dan Laut Andaman di sebelah utara.

Kabupaten Pidie memiliki topografi yang bervariasi, mulai dari dataran rendah hingga pegunungan. Bagian utara kabupaten ini merupakan daerah dataran rendah yang sebagian besar wilayahnya merupakan persawahan. Sedangkan bagian selatan kabupaten ini merupakan daerah perbukitan dan pegunungan.

Kabupaten Pidie memiliki iklim tropis dengan dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Musim hujan berlangsung dari bulan Oktober hingga April, sedangkan musim kemarau berlangsung dari bulan Mei hingga September.

Kabupaten Pidie memiliki berbagai macam sektor ekonomi, mulai dari pertanian, perkebunan, hingga perikanan. Hasil pertanian utama Kabupaten Pidie adalah padi, jagung, dan kacang kedelai. Hasil perkebunan utama Kabupaten Pidie adalah kelapa sawit, karet, dan kopi. Sedangkan hasil perikanan utama Kabupaten Pidie adalah ikan tongkol, ikan tuna, dan ikan layang.

Kabupaten Pidie memiliki berbagai macam objek wisata, mulai dari wisata alam hingga wisata budaya. Objek wisata alam Kabupaten Pidie antara lain Pantai Ujong Batee, Air Terjun Blangkejeren, dan Gunung Pungkie. Sedangkan objek wisata budaya Kabupaten Pidie antara lain Istana Sultan Iskandar Muda, Makam Sultan Salahuddin, dan Museum Negeri Aceh.

Kabupaten Pidie memiliki berbagai macam kesenian dan budaya, mulai dari tari tradisional hingga musik tradisional. Tari tradisional Kabupaten Pidie antara lain Tari Seudati, Tari Guel, dan Tari Saman. Sedangkan musik tradisional Kabupaten Pidie antara lain Musik Aceh, Musik Melayu, dan Musik Jawa.

Kabupaten Pidie memiliki berbagai macam kuliner khas, mulai dari makanan hingga minuman. Makanan khas Kabupaten Pidie antara lain Mie Aceh, Kari Ayam Aceh, dan Gulai Ikan Asam Keumamah. Sedangkan minuman khas Kabupaten Pidie antara lain Kopi Aceh, Teh Aceh, dan Jus Jambu Mete.

Kabupaten Pidie memiliki berbagai macam suku bangsa, mulai dari suku Aceh hingga suku Jawa. Suku Aceh merupakan suku mayoritas di Kabupaten Pidie. Selain suku Aceh, di Kabupaten Pidie juga terdapat suku Jawa, suku Batak, dan suku Minangkabau.

Kabupaten Pidie memiliki berbagai macam agama, mulai dari agama Islam hingga agama Kristen. Agama Islam merupakan agama mayoritas di Kabupaten Pidie. Selain agama Islam, di Kabupaten Pidie juga terdapat agama Kristen, agama Hindu, dan agama Buddha.

Berikut ini adalah informasi kode pos wilayah terdekat dengan Kabupaten Pidie:

  • Kabupaten Bireuen: 24291-24299
  • Kabupaten Aceh Besar: 23111-23125
  • Kabupaten Aceh Jaya: 23661-23669
  • Kota Banda Aceh: 23211-23242

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *